Welcome

News Industri Indonesia

Senin, 15 Agustus 2011


Saat ini Indonesia dihadapkan pada tantangan untuk terus meningkatkan daya saing. Negara maju yang memiliki daya saing yang tinggi telah mengembangkan dan mengimplementasikan pendekatan sistemik dalam penguatan sistem inovasinya, untuk membangun ekonomi yang berbasis pengetahuan (knowledge-based economy). Berbagai kajian menunjukkan bahwa penguatan sistem inovasi oleh suatu negara atau daerah mampu mendorong kinerja perekonomiannya yang pada gilirannya dapat mensejahterakan masyarakat.
“Kami dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) berharap bahwa Cikarang Technopark juga dapat berperan sebagi Pusat Inovasi setidaknya di wilayah Kabupaten Bekasi dan Provinsi Jawa Barat. Prakarsa ini patut kita apresiasi secara khusus mengingat ini merupakan salah satu prakarsa yang datang dari pihak non pemerintah," tegas Tatang.
Pandangan tentang inovasi berkembang dari waktu ke waktu. Dalam sebagian besar praktiknya, inovasi lebih merupakan proses interaktif dan literatif, proses pembelajaran (learning process) yang merupakan bagian penting dalam proses sosial. Artinya, semakin dipahami bahwa inovasi pada umumnya tidak terjadi dalam situasi yang terisolasi. Kesadaran akan kondisi empiris dan kebutuhan akan cara pandang dan tindakan yang sistemik dan sistematis selanjutnya mendorong berkembangnya paradigma sistem inovasi.
Dibagian akhir sambutannya, Tatang berharap Pemerintah Kabupaten Bekasi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun mendukung secara kongkrit pemajuan Cikarang Technopark ini dan prakarsa sejenis.  Secara khusus BPPT menaruh harapan besar kepada Cikarang Technopark untuk dapat berkembang menjadi suatu kisah keberhasilan (success story).
Pengembangan Cikarang Technopark ini tidak saja memberikan kemanfaatan besar bagi peningkatan daya saing dunia usaha sekitar dan situasi saling menguntungkan (mutual benefits) bagi para kolaborator, tetapi juga dapat menjadi contoh bagi pihak-pihak lainnya untuk pengembangan technopark yang baik (best practice) dalam rangka penguatan sistem inovasi di Indonesia. (SYRA/humas)

Sumber: BPPT

Tidak ada komentar: