Welcome

News Industri Indonesia

Sabtu, 26 Oktober 2013

Foxconn: Indonesia Masa Depan Kami


Perusahaan elektronik Foxconn atau Hon Hai Precision Industry Co Ltd, produsen gadgetasal Taiwan, menyatakan komitmennya untuk berinvestasi di Indonesia. Berikut kutipan wawancara dengan CEP Foxconn Terry Gou dan juru bicara Foxconn Simon Hsing di sela-sela APEC CEO Summit Nusa Dua, Senin (7/10/2013) lalu. Foxconn merupakan pemasok berbagai komponen produk eletronik, termasuk telepon pintar Apple. Foxconn sudah menyatakan niatnya berinvestasi di Indonesia.
Apa alasan Foxconn berinvestasi di Indonesia?
Ada tiga alasannya. Pertama, orang-orang di Indonesia itu baik, mudah diajak bekerja sama. Kedua, pemerintahan yang efisien. Namun, kami masih harus banyak berbicara dengan pemerintah. Ketiga, lokasi Indonesia bagus. Kami memiliki pabrik-pabrik kecil di Vietnam, Thailand, dan India. Kami akan membantu Indonesia membangun sumber daya nasional. Di sini banyak sumber daya. Harus ada juga integrasi rantai produksi, juga nilai tambah untuk negara ini. Indonesia adalah masa depan kami.
Kapan pabrik akan terealisasi? Berapa besarnya investasi?
Kami masih harus berbicara dengan banyak pihak dan melakukan kajian terhadap rencana ini dengan hati-hati. Investasi ini bukan sekadar angka, bukan sekadar berapa nilai investasi. Kami ingin membangun industri ICT. Ingin membantu Indonesia. Kami akan membuat ribuan jenis produk, tidak hanya produk telepon genggam saja, tetapi banyak lagi. Ini masih tahap awal. Pemerintah sangat bersabar dalam pembicaraan ini.
Kapan finalnya?
Diharapkan pada tahun 2014 mendatang semua tahap akan diselesaikan. Akan ada kabar baik pada tahun 2014 mendatang. Ketika itu, sudah ada tempat, sudah ada perusahaan, sudah ada mitra.
Di Indonesia bermitra dengan siapa?
Kami merasa tidak nyaman menyebutkan satu nama. Bisa saja mitra kami di sini lebih dari satu. Semua pihak sangat mungkin untuk menjadi mitra kami. Kami sedang bekerja dengan sangat intensif untuk menyelesaikannya.

Sumber: Kompas

Tidak ada komentar: