Welcome

News Industri Indonesia

Rabu, 23 Oktober 2013

Hidayat: Industri Dasar Sudah Mulai Dibangun


Menteri Perindustrian Mohamad Suleman Hidayat mengatakan, pemerintah telah memulai membangun industri dasar sejak tiga tahun lalu. Industri utama yang difokuskan pemerintah adalah industri besi baja, metal logam, petrokimia, dan industri hulu lainnya. 

Diharapkan, satu tahun ke depan, industri pembuatan mesin tekstil dan manufaktur akan dibuat di Indonesia sehingga tak perlu impor. "Kalau besi baja dan logam dasar sudah dimulai," ujarnya di pabrik Nippon Shukobai Cilegon, Rabu, 23 Oktober 2013.

Terkait dengan kebijakan insentif untuk industri baru seperti tax allowence, kata Hidayat, prosesnya sedang berjalan. "Dari kami dan Badan Koordinasi Penanaman Modal sudah lolos. Tinggal pendalaman saja."

Karena itulah, MS Hidayat meminta agar penambahan kapasitas produksi petrokimia PT Nippon Shukobai Indonesia digunakan untuk memenuhi kebutuhan domestik dan ekspor. "Sebagian untuk domestik dan sebagian diekspor ke Asia," kata Hidayat. 

Ia menilai industri petrokimia merupakan industri utama (hilir) yang mesti diprioritaskan. Pasalnya, industri semacam ini dapar menekan impor bahan baku sehingga kebutuhan domestik bisa terpenuhi oleh perusahaan yang berbasis di Indonesia.

Sumber: Tempo

Tidak ada komentar: