Welcome

News Industri Indonesia

Jumat, 27 Agustus 2010

9. Kerja Keras

Orang-orang jepang memiliki budaya kerja yang tinggi mereka menghargai pekerjaan serta menjadikannya sebagai bagian dalam kehidupan mereka. itulah sebabnya mereka sangat bertanggung jawab terhadap pekerjaan, mereka juga sangat menghargai waktu, bergerak gesit dan berjalan cepat.

Budaya kerja keras dijepang juga terbukti dengan adanya Penerapan mutu dan kualitas kerja berupa TQC (Total Quality Control), Quality Assurance, Value added Management dan Work Improvement Team yang merupakan bagian dari budaya kerja dalam organisasi pemerintah maupun swasta. Kita lihat bukti kerja keras orang jepang berdasarkan perhitungan waktu kerja, rata-rata jam kerja pegawai dijepang yaitu 2.450 jam pertahun sangat tinggi dibanding AS hanya 1.957 Jam Pertahun, Inggris hanya 1.911 Jam Pertahun, Jerman hanya 1.870 Jam pertahun dan Prancis hanya 1.680 Jam pertahun. untuk menerapkan budaya kerja orang jepang diperlukan sikap konsisten dan komitmen tinggi jika tidak dilaksanakan sungguh-sungguh maka akan sia-sia belaka.

Kecekatan, keahlian dan kecepatan para pekerja dijepang jelas melebihi pekerja dinegara manapun. seorang pekerja jepang rata-rata dapat melakukan pekerjaan yang seharusnya dilakukan sampai enam orang dinegara lain. misal indonesia untuk memperbaiki jalan kampung yang rusak mungkin diperlukan 15 orang mulai dari pihak menerima pengaduan, memberi arahan, yang mengangkat peralatan, pemandu higgan yang mengerjakan perbaikan jalan sedangkan dijepang pekerjaan itu dapat dilakukan oleh tiga orang saja.

Tidak ada komentar: