Welcome

News Industri Indonesia

Senin, 23 Agustus 2010

2. Keajaiban jepang

walaupun jepang secara gegrafis negara yang sangat minim sumber daya alam namun negeri ini mempunyai banyak keunggulan, kemampuan negeri Sakura bangkit dari reruntuhan akibat perang dan kehancuran ekonomi dianggap sebagai sebuah keajaiaban namun semua itu diraih berkat hasil kerja dan usaha keras rakyatnya untuk memulihkan kembali harga diri bangsa
dan negaranya yang tercemar.
A. Bidang kebudayaan
Gabungan tradisi budaya yunani dan india telah memengaruhi seni jepang sejak abad ke 6

B. Bidang pemerintahan
Undang-undang dasar jepang mulai berlaku pada 1947, Konstitusi jepang juga menetapkan kemandirian tiga badan yaitu badan legislatif, badan eksekutif, badan yudikatif Tanggung jawab mereka mencakup pengadaan pendidikan, kesejahteraan, pembangunan serta pemeliharaan prasarana masyarakat, hasilnya kini rakyat jepang mencapai taraf hidup yang sejahtera.

C. Bidang Pendidikan
Pendidikan dijepang bertujuan untuk mengembangkan kepribadian secara penuh dengan berupaya keras membangun manusia yang sehat pikiran dan badan, mencitai kebenaran, mencintai keadilan, menghormati individu, menghargai kerja, serta memiliki tanggung jawab yang dalam, semangat kemandirian sebagai pembangun negara dan masyarakat yang damai.

D. Bidang ekonomi dan kesejahteraan rakyat
Dilihat dari sudut ekonomi jepang merupakan salah satu negara paling maju didunia. salah satu bidang yang memberikan harapan bagi pertumbuhan ekonomi jepang yaitu industri robot, dalam bidang ini jepang memimpin dunia. Pertanian merupakan sektor ekonomi yang kecil dijepang namun mendapat subsidi yang tinggi dan merupakan satu sektor yang dilindungi, beberapa sektor perekonomian jepang yang memiliki kontribusi besar dan menyejahterakan rakyat yaitu
1. Sektor pertanian walaupun hanya 16 % dari luas daratan digunakan pertanian hasilnya memuaskan
2. Sektro perikanan jepang menempati urutan ke 2 didunia setelah cina dalam Tonase pengkapan ikan sebesar 11,9 Juta on pada 1989
3. Sektor industri dengan industri otomotifnya, Elektronik Konsumen, Komputer, Semi Konduktor, Besi dan Baja.
4. Sektor Pertambangan
5. Sektor Jasa
6. Sektor Transportasi
7. Perumahan, Makanan dan Pakaian
Seluruh sektor ekonomi tersebut tersebar secara merata disetiap wilayah dijepang. negara jepang dapat dikelompokan menjadi sembilan kawasan Hokkaido, Tohuku, Kanto, Chubu, Kinki, Chugoku, Shisoku, Kyusu dan Okinawa tidak heran jika jepang menjadi negara yang mendapatkan nilai plus dimata dunia. jepang bangsa yang pernah jatuh pada titik nol akibat perang namun kemudian bangkit kembali menjadi negara paling maju.

Semangat Prinsip Keizen menjadi acuan bagi seluruh masyarakat jepang. dengan keizen jepang memiliki orientasi yang sangat serius terhadap bidang pendidikan. mereka sadar bahwa pendidikan salah satu faktor utama dalam pembangunan bangsa, hasilnya perekonomian jepang kemudian menyaingi As negara pemimpin kekuatan sekutu yang menyerang jepang pada masa perang dunia Ke II. uniknya jepang negara yang tidak memiliki utang luar negeri pada tahun 1990 padahal jika dilihat pada kondisi yang ada jepang tidak memiliki sumber alam yang memadai.

Tujuan jepang untuk menjadi negara maju dan penguasa ekonomi dunia kini sudah tercapai. meskipun sudah menjadi sebuah negara terkaya, tersohor tetapi mereka tidak pernah berhenti bekerja. mereka terus berusaha memperbaiki prestasi dibidang ekonomi.

Faktor utama kesuksesan bangsa jepang terletak pada budaya kerja, Sistem etika, Pengelolaan yang bagus, Kreativitas dan semangat juang juang tinggi tanpa mengenal arti kekalahan. mereka menjadi panutan asia karena dapat mengatasi pihak barat dari segi prestasi dan produktivitas, bangsa jepang juga terkenal rajin dan optimis.

Jepang contoh sebuah bangsa yang mampu meraih kembali harga diri dan kehormatannya dengan kerja keras, konsisten dan kepercayaan diri yang kuat. kepercayaan diri yang kuat tersebut ditunjukan dengan diterapkannya nilai-nilai maupun norma-norma budaya kebangsaan mereka sekalipun bangsa jepang banyak menyerap pengetahuan dari bangsa-bangsa lain.

Tidak ada komentar: