Welcome

News Industri Indonesia

Kamis, 26 Agustus 2010

8. Budaya kerja

Ada karakteristik Khas jepang yang mendorong Bangsa ini maju antara lain orang jepang menghargai jasa orang lain, orang jepang menghargai hasil pekerjaan orang lain, setiap orang jepang harus berusaha, orang jepang mempunyai semangat yang tidak pernah luntur tahan banting dan tidak pernah menyerah, jepang merupakan bangsa yang menghargai tradisi dan memegang teguh kebudayaan yang telah diwariskan oleh pendahulunya. dengan sifat-sifat seperti inilah bangsa jepang dapat memegang kendali salah satu nahkoda dalam percaturan ekonomi internasional.

Bangsa jepang merupakan bangsa yang tidak pernah menyerah akan segala kekurangannya dan kelemahan pada diri mereka. meskipun sumber alamnya minimal, terancam gempa bumi dan topan namun mereka berupaya agar dapat menjadi negara maju. pada dasarnya etos dan budaya kerja jepang tidak jauh berbeda dengan bangsa asia lainnya seperti cina dan korea. orang jepang sanggup bekerja lembur tanpa mengharapkan bayaran. mereka lebih dihargai jika diberikan tugas yang lebih berat dan menantang. bagi mereka jika hasil produksi meningkat dan perusahaan mendapatkan keuntungan besar secara otomatis mereka akan mendapat balasan.

Etika orang jepang etika demi komunitas. etika orang jepang itu tujuan utamanya membentuk hubungan baik dalam komunitas. kebesaran komunitas bergantung pada situasi dan zaman seperti negara, desa, keluarga, perusahaan, pabrik, kantor, sekolah dan sebagainya. dalam bentuk apapun orang jepang mementingkan komunitasnya termasuk diri sendiri.

Selain itu Bangsa jepang juga memiliki etos kerja dan budaya kerja yang unik menurut mereka
a. Bekerja untuk kesenangan bukan sekedar untuk mendapat gaji, tetapi orang jepang juga tidak mau bekerja tanpa digaji kalau gajinya lumayan sesuai Kesejahteraan mereka, orang jepang bekerja hanya untuk kesenangan, bagi orang jepang kerja itu seperti bermain bersama kawan dekat, biasanya pekerjaan dilakukan oleh satu tim, jika seseorang ingin berhasil dalam permainan dan menaikan kemampuan diri sendiri maka dia dan kawan-kwan harus saling mempercayainya
b. Harus Mendewakan Langganan, 'Okyaku sama ha kamisama desu' Langganan merupakan Dewa, Perusahaan jepang berusaha mewujudkan permintaan dari langganan sedapat mungkin berusaha mengembangkan hubungan erat dan panjang dengan langganan
c. Bisnis merupakan Perang, orang jepang yang didunia bisnis menganggap bisnis sebagai perang yang melawan dengan perusahaan lain, Budaya bisnis jepang lebih mementingkan keuntungan jangka panjang, agar menang perang mereka melakukan persiapan lengkap untuk bertempur sekuat tenaga.

Tidak ada komentar: