Welcome

News Industri Indonesia

Selasa, 24 Agustus 2010

4. Restorasi meiji

Jepang sebelum Restorasi meiji merupakan bangsa yang hancur karena konflik sosial dan bentrokan antar kelompok. akibatnya kehidupan ekonomi pun tidak tertata dengan baik. Kaisar Mutshito atau kaisar meiji mereformasi jepang secara mendasar. kekuasaan dikembalikan kepada kaisar. jepang mengadopsi beberapa beberapa institusi barat termasuk pemerintah modern, sistem hukum dan militer.

Pada masa ini Kaisar justru mendorong rakyat jepang agar belajar lebih tekun untuk menyamai keunggulan bangsa-bangsa lain. Kaisar menyuruh tunas tunas muda jepang yang cerdas untuk belajar dieropa dan amerika. perintah kaisar tersebut didukung pula oleh keinginan dari dalam diri bangsa jepang untuk tekun dalam menjalankan segala hal sehingga bangsa jepang dan sejajar dengan bangsa-bangsa lain yang memiliki keunggulan dan kebesaran.

Restorasi meiji merupakan usaha besar-besaran kaisar meiji untuk menciptakan jepang baru, yaitu transformasi dari negara yang terisolasi dan miskin menjadi negara yang modern. restorasi meiji membawa perubahan besar dalam kehidupan bangsa jepang terutama pendidikan. sebelum restorasi meiji jepang melaksanakan pendidikannya berdasarkan sistem masyarakat feodal yaitu pendidikan untuk samurai, petani, tukang, pedagang serta rakyat jelata.

Dalam kurun waktu bergulirnya restorasi meiji dan dekade sesudahnya bangsa jepang telah membuktikan diri kepada dunia sebagai bangsa yang memiliki kompetensi ilmu pengetahun dan teknologi maju yang dapat disejajarkan dengan AS dan negara-negara maju lainnya. hjal terpenting dari restorasi meiji yaitu pembaharuan dibidang pendidikan yaitu mengubah sistem pendidikan dari tradisional menjadi modern (saat itu dimulai mengadopsi sistem jerman), pogram wajib belajar, mengirim mahasiswa jepang untuk belajar keluar negeri yaitu diinggris dan prancis, meninggkatkan anggaran sektor pendidikan secara drastis.

Semenjak restorasi meiji pemerintah jepang terus menjalankan kebiasaanya dengan memulai giat menerjemahkan dan menerbitkan perbagai macam buku diantaranya tentang ilmu pengetahuan, sastra maupun filsafat. pada pemuda dikirim keluar negeri untuk belajar sesuai dengan bidangnya masihng-masing tujuannya jelas yaitu mencari ilmu dan menanamkan keyakinan bahwa jepang akan dapat setara dengan kemajuan dunia barat.

Dalam jangka waktu sekitar 30 tahun proses pembaharuan sejak restorasi meiji berhasil membawa jepang dari negara terisolasi, terbelakang dan tradisional menjadi negara maju yang kompetitif dengan negara-negara barat. perubahan yang begitu besar bagi amsyarakat jepang juga tidak terlepas dari mental bangsa jepang yang memang telah terbentuk oleh bushido "Jalan hidup samurai" yang menekankan pentingnya kerja keras, kejujuran, loyalitas kepada pemimpin, kerja sama, tidak egois, tanggung jawab, kejujuran dan rasa malu.

Selain itu konsistensi karakter bangsa jepang baik dirumah, sekolah maupun dimasyarakat juga berpengaruh bagi terwujudnya tatanan sosial dijepang. Hasilnya jepang mengalami kemajuan yang pesat dalam segala bidang.

Tidak ada komentar: