Welcome

News Industri Indonesia

Selasa, 24 Agustus 2010

5. Bushido

Bushido berasal dari kata bush 'Prajurit' atau ksatria sedangkan dou 'Jalan' jadi bushido dapat diartikan jalan hidup ksatria. Bushido mempunyai 7 kode etik yaitu
a. Gi =Pengambilan keputusan berdasarkan kebenaran
b. Yu =Berani dan ksatria
c. Jin =Murah hati dan mencintai sesama
d. Re =Santun dan bertinda benar
e. Makota=Bersikap tulus tanpa pamrih
f. Meiyo=Menjaga kehormatan, martabat dan kemuliaan
g. Chugo=mengabdi dengan loyal
nilai-nilai prinsip itu terus ditanamkan dalam hati sehingga menjadi pola hidup.

Secara garis besar terdapat tiga faktor yang menonjol dalam budaya kerja jepang yaitu kepercayaan, disiplin dan kualitas. tiga faktor inilah yang tampaknya menopang sukses negeri sakura. ketiganya dilandasi oleh dua semangat besar yaitu Bushido (kerja keras) dan Samurai (harga diri). wajar ada kegagalan yang menanggung malu bukan organisasi atau perusahaan melainkan para pekerja yang merasa kehilangan harga diri.

Semangat yang telah menjiwai pada pendekar selama beberapa abad lalu sebenarnya hingga kini masih terus hidup namun bukan lagi semangat untuk berperang atau mengabdi kepada komandan. semangat bushido yang telah menghidupkan hingga mengembangkan ekonomi dan industri jepang yaitu semangat berdisiplin tinggi, bekerja keras, bertanggung jawab dan punya rasa malu bila melakukan perbuatan yang merugikan. semangat bushido mesih hidup walaupun dijepang modern sekarang ini sudah tidak ada lagi kaum samurai.

Tidak ada komentar: