Welcome

News Industri Indonesia

Selasa, 24 Agustus 2010

3. ILHAM DARI SANG KOMODOR

Sejak abad 17-19 Jepang menutup diri dan menegaskan politik isolasi. pada masa itu jepang mengalami periode unik dalam sejarah manusia yaitu perdamaian yang permanen selama 250 tahun namun perdamaian itu harus dibayar mahal karena ketatnya pengawasan oleh rezim shogun yang sulit memungkinkan bangsa itu untuk berkembang. ketika isolasi dibuka sekitar pertengahan abada 19 kondisi jepang mirip dengan barat abad ke 16 jepang tertinggal selama 300 tahun.

Pada 1854 Sebuah armada kecil AS yang dipimpin oleh komodor matthew calbraith perry tibda dijepang dengan maksud menjalin hubungan antar kedua negara. perry pada 1853 mendarat diteluk edo dan datang lagi setahun kemudian.

Pertemuan kedua belah pihak ini yang melahirkan perjanjian shimoda pada 1854 Pihak As diizinkan untuk menempatkan konsul dijepang dan beberapa pelabuhan dibuka untuk persinggahan kapal-kapal As, setelah kedatangan perry jepang mulai terbuka kembali secara terbatas bagi dunia luar terutama AS.

Keterkungkungan muncul sebagai akibat ketatnya pranata, aturan-aturan yang bersifat hierarki dan diskriminatif. kesadaran inilah yang kemudian melahirkan revolusi yang menentukan masa depan jepang dan datangnya komodor perry dicatat sebagai salah satu pilar historis yang sangat penting.

Tidak ada komentar: