Welcome

News Industri Indonesia

Selasa, 18 Desember 2012

Menperin: Komponen Mobnas Harus Diproduksi di Indonesia 100%


 Jakarta —  Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengharapkan seluruh komponen mobil nasional (mobnas) dapat diproduksi di dalam negeri sehingga produk yang dipasarkan harganya lebih terjangkau.

"Saat ini sulit menemukan produk mobil yang 100% komponennya diproduksi di dalam negeri. Pemerintah menginginkan seluruh komponen mobnas dihasilkan di Indonesia," kata Menteri Perindustrian M.S Hidayat di Jakarta, Senin (17/12).

Mobil nasional, menurut Hidayat, harus mempunyai kriteria sendiri dan berbeda dengan mobil yang telah dipasarkan.

"Pemerintah meminta produsen mobil nasional membuat mobil dengan kapasitas mesin di bawah 1.000cc. Namun, komponen mobil nasional harus dibuat dari dalam negeri agar harganya terjangkau," paparnya.

Sedangkan pengamat otomotif Suhari Sargo mengatakan pembuatan komponen mobil nasional di dalam negeri memerlukan investasi yang besar. Pasalnya, beberapa bahan baku harus diimpor dari berbagai negara.

"Jika mobil nasional menggunakan komponen elektrik pada mesin, harus diimpor dari China atau Jepang. Tentunya, produsen komponen akan berpikir mengenai investasi yang akan ditanamkan," ujarnya.

Suhari menambahkan, apabila pasar mobil nasional terus bertambah, maka produsen komponen tidak ragu untuk berinvestasi.

"Pasar mobil nasional menjadi pertimbangan produsen komponen untuk menanamkan modalnya," ucapnya.

Sumber: IMQ

Tidak ada komentar: