Welcome

News Industri Indonesia

Sabtu, 08 Oktober 2011

Jejaring Iptek untuk Industri Nasional

Jakarta, Pusat Penelitian Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Papiptek) LIPI memfasilitasi dan menghimpun para pelaku serta pemerhati Iptek dalam Seminar Pengembangan Iptek Nasional bertajuk “Peran Jejaring dalam Meningkatkan Inovasi dan Daya Saing Bisinis” yang berlangsung pada hari Senin, tanggal 10 Oktober 2011 pukul 09.00 WIB di Gedung Widya Graha LIPI Lantai I, Jl. Jendral Gatot Subroto 10 Jakarta.
Dalam kata sambutannya, Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof. Dr. Lukman Hakim mengatakan, “Peran Jejaring adalah kata kunci dalam seminar ini, dengan adanya jejaring inovasi nasional akan berfungsi. Tanpa jejaring semua unsur, aktor dan stakeholder, inovasi yang terjadi tidak lebih dari agregat dan terjadi tanpa koordinasi, atau bahkan dapat dikatakan tanpa arah karena berjalan sendiri-sendiri. Isu jejaring ini relevan dengan situasi iptek Indonesia, yang saat ini sedang digerakkan dengan keterpaduan lintas bidang, lintas sektoral dan lintas disiplin. Hal ini merupakan jalan ke terobosan yang digagas oleh Komite Inovasi Nasional (KIN) khususnya untuk mencapai dan mewujudkan gagasan yang tertuang dalam Master Plan Percepatan Pembangunan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (MP3EI)”.
Pada kesempatan yang sama Menteri Riset Negara dan Teknologi, Drs. Suharna Surapranata, MT mengatakan, perkembangan Iptek di Indonesia belum mencapai tingkat yang kita inginkan. Berbagai indikator perkembangan iptek menunjukkan bahwa kita masih belum berhasil mengembangkan dan mendayagunakan iptek bagi pertumbuhan ekonomi. Perekonomian kita masih sangat didominasi oleh sektor-sektor yang berkandungan teknologi rendah. Jumlah paten dihasilkan masih sangat sedikit dan sebagian besar paten yang terdaftar di kantor paten Indonesia adalah paten yang berasal dari luar negeri. Demikian pula, pengukuran perkembangan iptek oleh berbagai lembaga internasional dengan menggunakan berbagai indeks mengindikasikan ketertinggalan kita. Berbagai studi juga menunjukan bahwa persepsi para pelaku industri terhadap peran iptek masih sangat rendah.
“Upaya memperkuat sistem inovasi nasional ditempuh mencakup penguatan kelembagaan iptek, sumber daya iptek dan jaringan iptek. Dalam kaitan dengan penguatan sistem inovasi nasional ini, saya menyambut gembira diselenggarakannya Forum Perkembangan Iptek ini “ ungkapnya.

Sumber : Lipi

Tidak ada komentar: