Welcome

News Industri Indonesia

Kamis, 13 Oktober 2011

2012 BKPM berharap 5 investor dapat tax holiday

JAKARTA, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) berharap, fasilitas tax holiday bisa semakin meningkatkan minat investor untuk menanamkan duitnya di Indonesia.
Kepala BKPM Gita Wirjawan mengatakan, pihaknya berharap agar investor yang memanfaatkan fasilitas tersebut terus bertambah. Tahun ini, setidaknya sudah ada tiga perusahaan yang dalam proses mengajukan fasilitas tax holiday kepada BKPM dan Kementerian Perindustrian. "Tahun depan mudah-mudahan bisa lebih, bisa lima perusahaan (penerima tax holiday). Sesuai syarat, kita cari yang (nilai investasinya) di atas Rp 1,1 triliun," ujarnya Rabu (12/10/2011).
Tiga perusahaan yang tengah memproses fasilitas keringanan pajak tersebut adalah Pohang Iron and Steel Company (Posco) dengan nilai investasi US$ 6 miliar, Kuwait Petroleum Corporation (KPC) sekitar US$ 8 miliar, dan Caterpillar Inc dengan nilai investasi sebesar US$ 500 juta.
Gita berjanji, pengajuan di BKPM dan Kemenperin ini tidak akan lama lagi bakal selesai. "Saya rasa sebulan sampai dua bulan lagi bisa selesai," jelasnya.
Menteri Perindustrian MS Hidayat menjelaskan, pihaknya bersama BKPM kini sedang merampungkan proses pemberian fasilitas tax holiday untuk Kuwait Petroleum yang akan berinvestasi di Kilang Balongan. "Dan ini akan menjadi benchmark bagi (investasi) yang lain," kata Hidayat.
Pada 15 Oktober mendatang, pihak Kuwait Petroleum akan berkunjung ke Indonesia untuk membicarakan tindak lanjut atas investasi tersebut.

Sumber : Kabar Bisnis

Tidak ada komentar: