Welcome

News Industri Indonesia

Rabu, 12 Oktober 2011

Slowakia Menjadi Penentu


JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Slowakia Ivan Gasparovic menegaskan, semua negara anggota zona euro punya andil dalam krisis finansial yang sedang terjadi saat ini. Pernyataan itu disampaikan saat Slowakia menjadi negara penentu tercapainya kesepakatan pengembangan dana talangan zona euro.

”Kami semua berbagi tanggung jawab atas apa yang terjadi (dalam krisis zona euro). Beberapa (negara) berperan lebih besar daripada yang lain (dalam memicu krisis), terutama mereka yang menerapkan kebijakan fiskal dan anggaran yang kurang hati-hati. Ada beberapa anggota lain yang membiarkan lemahnya kontrol terhadap perilaku-perilaku yang tidak tepat itu,” kata Gasparovic dalam sesi wawancara khusus di Jakarta, Selasa (11/10/2011).

Menurut Gasparovic, krisis finansial Eropa telah membawa beberapa dampak negatif kepada Slowakia, yang baru bergabung dengan zona euro pada 1 Januari 2009. ”Akan tetapi, sekarang sudah bukan saatnya lagi untuk membahas apa yang terjadi dan apa penyebabnya. Kita harus melihat ke depan (tentang) bagaimana caranya mengatasi (krisis) ini, dan bagaimana cara menghindari kesalahan-kesalahan yang sama terulang di masa depan,” ujar Gasparovic, yang sedang berada di Indonesia dalam kunjungan resmi untuk membangkitkan kembali hubungan kedua negara.

Sumber : Kompas

Tidak ada komentar: