Welcome

News Industri Indonesia

Kamis, 13 Oktober 2011

Rusia siap garap rel KA 2.000 km di Sulawesi

JAKARTA, Investor Rusia makin berminat menanamkan modalnya di Indonesia. Setelah proyek 300 Km rel kereta api (KA) di Kalimantan, investor Rusia juga meminati pembangunan proyek serupa dengan panjang 2.000 km di Sulawesi. "Kita sudah menetapkan untuk pembangunan rel kereta api dari ujung ke ujung, 2.000 Km, sudah ada yang mau mendanai, sudah siap. Ya dari Sulawesi Utara ke Selatan," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad di Kantor Menko Perekonomian, Kamis (6/10/2011) Proyek itu merupakan bagian Masterplan Perluasan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). "Investasinya dari Rusia. Angka belum difinalkan, sudah kita siapkan desain perencanaan" jelas Fadel.
Rencana ini akan dimatangkan pada saat kunjungan para pejabat Rusia ke Indonesia pada November mendatang. "Pertemuan kita dengan Rusia kalau nggak salah bulan depan, dalam rangka ASEAN Summit. Nanti pengusaha lokal juga dilibatkan," katanya.
Seperti diketahui, Russian Rainways, perusahaan kereta api asal Rusia sudah siap membangun 300 Km rel kereta api di Kalimantan Tengah dan Timur. Mereka berkomitmen berinvestasi hingga US$ 2,5 miliar dalam proyek ini.

Sumber : Kabar Bisnis

Tidak ada komentar: